Di Susun Oleh :
Bastiyan Cafriyanto
(1314370297)
Farida Afni (1314370296)
Dinda Maya Sari (1314370372)
Nur Indah Siti Khadijah (1314370295)
UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
PROGRAM
STUDY SISTEM KOMPUTER
MEDAN
2016
1. PENGERTIAN
Rapid application development (RAD) atau
rapid prototyping adalah model proses pembangunan perangkat
lunak yang tergolong dalam teknik incremental (bertingkat). RAD
menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat, dan cepat. Waktu yang
singkat adalah batasan yang penting untuk model ini. Rapid application
development menggunakan metode iteratif (berulang) dalam mengembangkan sistem
dimana working model (model kerja) sistem dikonstruksikan di awal tahap
pengembangan dengan tujuan menetapkan kebutuhan (requirement) pengguna. Model
kerja digunakan hanya sesekali saja sebagai basis desain dan implementasi
sistem akhir.
Rapid Application Development (RAD)
adalah metodologi pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada membangun
aplikasi dalam waktu yang sangat singkat. Istilah ini menjadi kata kunci
pemasaran yang umum menjelaskan aplikasi yang dapat dirancang dan dikembangkan
dalam waktu 6090 hari, tapi itu awalnya ditujukan untuk menggambarkan suatu
proses pembangunan yang melibatkan application prototyping dan iterative
development.
Menurut James Martin “Rapid Application
Development (RAD) merupakan pengembangan siklus yang dirancang untuk memberikan
pengembangan yang jauh lebih cepat dan hasil yang lebih berkualitas tinggi
daripada yang dicapai dengan siklus hidup tradisional. Hal ini dirancang untuk
mengambil keuntungan maksimum dari pengembangan perangkat lunak yang telah
berevolusi barubaru ini”. Profesor Clifford Kettemborough dari College
Whitehead, University of Redlands, mendefinisikan Rapid Application Development
sebagai "pendekatan untuk membangun sistem komputer yang menggabungkan
ComputerAssisted Software Engineering (CASE) tools dan teknik, userdriven
prototyping,. RAD meningkatkan kualitas sistem secara drastis dan mengurangi
waktu yang diperlukan untuk membangun sistem."
Sebagai gambaran umum, pengembangan
aplikasi berarti mengembangkan aplikasi pemrograman yang bervariasi dari
pemrograman umum dalam arti bahwa ia memiliki tingkat yang lebih tinggi dari
liabillity, termasuk untuk kebutuhan capturing dan testing. Pada 1970 an,
Rapid Application Development muncul sebagai respon untuk nonagile processes,
seperti model Waterfall. Pengembang perangkat lunak menghadapi masalah waktu
dengan metodologi sebelumnya sebagai sebuah aplikasi yang begitu lama untuk
membangun. Dengan demikian, metodologi tersebut sering mengakibatkan sistem
tidak dapat digunakan.
2.
SEJARAH
RAD
Siklus hidup Tradisional dirancang di
tahun 1970an, dan masih banyak digunakan hingga saat ini, berdasarkan
pendekatan terstruktur yang bertahap untuk mengembangkan sistem. Urutan atau
langkahlangkah yang rumit ini memaksa user untuk keluar setelah menyelesaikan spesifikasi
masingmasing sebelum pengembangan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.
Persyaratan dan perencanaan kemudian berhenti dan sistem diimplementasikan,dan
diuji,. Dengan konvensional metode, ada penundaan yang lama sebelum pelanggan
dapat melihat hasil apapun dan proses pembangunan dapat mengambil waktu begitu
lama sehingga pelanggan bisnis dapat mengubah secara mendasar sebelum sistem
ini siap untuk digunakan.
Sebagai tanggapan terhadap, langkah
searah Stagewise atau Model Water Fall, Barry Boehm, Ketua SW Engineer di TRW,
memperkenalkan Model development Spiral nya. Model Spiral adalah risikodriven,
sebagai lawan dari kodedriven, pendekatan yang menggunakan pemodelan proses
daripada fase metodologi. Melalui model nya, Boehm pertama kali diimplementasikan
perangkat lunak prototyping sebagai cara untuk mengurangi risiko. Pengembangan
proses Spiral Model memisahkan produk ke bagianbagian yang kritis atau tingkat
sementara melakukan analisis risiko, prototyping, dan langkah yang sama di setiap
tingkatan. Demikian pula, Tom Gilb's evolusioner Life Cycle didasarkan pada
evolusi prototyping alasan mana prototipe tumbuh dan halus ke final produk.
Karya Boehm dan Gilb membuka jalan bagi
perumusan metodologi yang disebut Rapid Prototyping Iteratif Produksi (RIPP) di
DuPont di pertengahankeakhir 1980an. James Martin kemudian diperluas kerja
yang dilakukan di DuPont dan tempat lain ke dalam suatu proses, lebih besar
lebih formal, yang telah menjadi dikenal sebagai Rapid Application Development
(RAD). RAD kompres pengembangan langkahdemilangkah metode konvensional
menjadi proses berulangulang. Pendekatan RAD demikian termasuk mengembangkan
dan memperbaiki model data, model proses, dan prototipe secara parallel
menggunakan proses iteratif. Persyaratan Pengguna diperhalus, solusi dirancang,
solusinya adalah prototyped, prototipe ditinjau, masukan pengguna disediakan,
dan proses dimulai lagi.
3. UNSURUNSUR RAPID APPLICATION
DEVELOPMENT
RAD memiliki banyak unsurunsur yang
membuat sebuah metodologi yang unik termasuk prototyping, iterative
development, time boxing, team members, management approach, dan RAD tools.
a. Prototyping
Sebuah aspek kunci dari RAD adalah pembangunan
prototipe untuk tujuan membangkitkan kembali desain untuk kebutuhan pengguna.
Tujuannya adalah untuk membangun sebuah fitur ringan yang hasil akhirnya dalam
jumlah pendek dengan waktu yang memugkinkan. Prototipe awal berfungsi sebagai
bukti konsep untuk klien, tetapi lebih penting berfungsi sebagai titik
berbicara dan alat untuk kebutuhan pemurnian. Mengembangkan prototipe cepat
dicapai dengan Computer Aided Engineering CASE tools Software yang berfokus
pada menangkap persyaratan, mengkonversi mereka ke model data, mengubah model
data ke database, dan menghasilkan kode semua dalam satu alat. CASE tools
populer di 80an dan awal 90 an, tetapi sebagai teknologi telah berubah (dan
COBOL telah menjadi usang) beberapa alat mengambil keuntungan penuh dari
potensi penuh dari teknologi KASUS alat. Perusahaan rasional adalah yang paling
terkenal meskipun prototipe potensi pembangkitnya terbatas. Pada Otomatis
Arsitektur produk cetak biru kami berfokus pada peningkatan tingkat aplikasi
enterprise web yang berfungsi sebagai prototipe karena kecepatan yang mereka
dapat diciptakan (dalam menit).
- Iterative
Development
Iterative Development berarti menciptakan versi yang
lebih fungsional dari sebuah sistem dalam siklus pembangunan pendek. Setiap
versi ditinjau dengan klien untuk menghasilkan persyaratan untuk membuat versi
berikutnya. Proses ini diulang sampai semua fungsionalitas telah dikembangkan.
Panjang ideal iterasi adalah antara satu hari (yang lebih dekat dengan
Metodologi Agile) dan tiga minggu. Setiap siklus pengembangan memberikan
pengguna kesempatan untuk memberikan umpan balik, memperbaiki persyaratan, dan
kemajuan melihat (dalam pertemuan sesi fokus grup). Hal ini akhirnya
pembangunan berulang yang memecahkan masalah yang melekat dalam metodologi
fleksibel dibuat pada 1970an.
- Time
boxing
Time boxing adalah proses menunda fitur untuk versi
aplikasi di masa mendatang untuk melengkapi versi saat ini sebagai ketepatan
waktu.Ketepatan waktu merupakan aspek penting dari RAD, karena tanpa itu ruang
lingkup dapat mengancam untuk memperpanjang iterasi pembangunan, sehingga
membatasi umpan balik dari klien, meminimalkan manfaat dari pembangunan
berulang, dan berpotensi mengembalikan proses kembali ke pendekatan metodologi
air terjun.
- Team
Member
Metodologi RAD merekomendasikan penggunaan tim kecil
yang terdiri dari anggota yang berpengalaman, serbaguna, dan motivasi yang
mampu melakukan peran ganda. Sebagai klien memainkan peran penting dalam proses
pembangunan, sumber daya klien khusus harus tersedia selama awal Joint
Application Development (JAD) sesi serta Focus Group Sessions dilakukan pada akhir
siklus pengembangan. Pengembangan tim (juga dikenal sebagai SWAT atau Skilled
Workers with Advance Tools) idealnya harus memiliki pengalaman di Rapid
Application Development dan harus memiliki pengalaman dengan Computer Aided
Software Engineering. Pendekatan manajemen Aktif dan manajemen yang terlibat
sangat penting untuk mengurangi risiko siklus pengembangan diperpanjang,
kesalahpahaman klien, dan melebihi tenggat waktu. Di atas manajemen semua harus
kuat dan konsisten dalam keinginan mereka untuk menggunakan metodologi Rapid
Application Development. Selain menegakkan waktu yang ketat, manajemen harus
fokus pada pemilihan anggota tim, motivasi tim, dan pada kliring hambatan
birokrasi atau politik.
e.
RAD
Tools
Salah satu tujuan utama dari metodologi Rapid
Application Development yang dikembangkan oleh James Martin pada tahun 1980an
adalah untuk memanfaatkan teknologi terbaru yang tersedia untuk mempercepat
pembangunan. Jelas teknologi tahun 1980 sudah kuno, tetapi fokus RAD tentang
alat terbaru adalah sama pentingnya hari ini seperti ketika metodologi awalnya
diciptakan.
4. MODEL RAD
a)
Bussiness
modeling
Aliran informasi di
antara fungsi – fungsi bisnis dimodelkan dengan suatu
cara untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan berikut :
a.
Informasi apa yang mengendalikan proses
bisnis?
b.
Informasi apa yang di munculkan?
c.
Siapa yang memunculkanya?
d.
Ke mana informasi itu pergi?
e.
Siapa yang memprosesnya?
b)
Data
modeling
a.
Aliran informasi yang didefinisikan
sebagai bagian dari fase business modeling disaring ke dalam serangkaian objek
data yang dibutuhkan untuk menopang bisnis tersebut.
b.
Karakteristik (disebut atribut) masing –
masing objek diidentifikasi dan hubungan antara objek – objek tersebut
didefinisikan.
c.
Bagian dari pemodelan bisnis yang
didefinisikan ke dalam sekumpulan objek data.
d. Karakteristik
(atribut) dari setiap objek diidentifikasikan dan hubungannya .
c)
Prosess
modelling
a. Aliran
informasi yang didefinisikan di dalam fase data modeling ditransformasikan
untuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi
bisnis.
·
Gambaran pemrosesan diciptakan untuk
menambah, memodifikasi, menghapus, atau mendapatkan kembali sebuah objek data.
b. Objek
data akan diimplementasikan pada fungsi bisnis.
c. Deskripsi
proses dibangun untuk penambahan modifikasi, penghapusan, atau pengambilan
kembali objek data.
d)
Application Generation
a.
RAD
mengasumikan pemakaian teknik generasi keempat. Selain menciptakan perangkat
lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga yang konvensional.
·
Pada semua
kasus, alat – alat bantu otomatis dipakai untuk mamfasilitasi konstruksi
perangkat lunak.
b.
Melakukan
penggunaan kembali komponen yang ada (jika mungkin).
c.
Atau membuat
kembali penggunaan kembali komponen jika dibutuhkan.
e)
Testing and Turnover
a.
Karena proses
RAD menekankan pada pemakaian kembali, banyak komponan program telah diuji. Hal
ini mengurangi keseluruhan waktu pengujian.
·
Tetapi
komponen baru harus diuji dan semua interface harus dilatih secara penuh.
5. PENDEKATAN MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
Model RAD mengadopsi model waterfall dan pembangunan
dalam waktu singkat yang dicapai dengan menerapkan :
1. Component
based construction ( pemrograman berbasis komponen ).
2. Penekanan
pada penggunaan ulang (reuse) komponen perangkat lunak yang telah ada.
3. Pembangkitan
kode program otomatis/semi otomatis.
4.
Multiple team (banyak tim), tiap tim
menyelesaikan satu tugas yang selevel tapi tidak sama. Banyaknya tim tergantung
dari area dan komplekstasnya sistem yang dibangun.
Jika keutuhan yang diinginkan pada tahap
analisa kebutuhan telah lengkap dan jelas, maka waktu yang dibutuhkan untuk
menyelesakan secara lengkap perangkat lunak yang dibuat adalah berkisar 60
sampai 90 hari. Model RAD hampr sama dengan model waterfall, bedanya siklus
pengembangan yang ditempuh model in sangat pendek dengan penerapan teknik yang
cepat. Sistem dibagibagi menjadi beberapa modul dan dikerjakan beberapa tmm
dalam waktu yang hampir bersamaan dalam waktu yang sudah ditentukan. Model in
melibatkan banyak tim, dan setiap tim mengerjakan tugas yang selevel, namun
berbeda. Sesuaidengan pembagian modul sistem.
6. PERBANDINGAN RAD DENGAN METODE LAIN
a. Perbandingan Dengan Metode
Tradisional
Sebagai gambaran umum, pengembangan
aplikasi berarti mengembangkan aplikasi pemrograman yang bervariasi dari
pemrograman umum dalam arti bahwa ia memiliki tingkat yang lebih tinggi dari
kewajiban, termasuk untuk kebutuhan menangkap dan pengujian. Pada 1970an,
Rapid Application Development muncul sebagai respon mengerikan untuk proses
nontangkas, seperti model Waterfall. Pengembang perangkat lunak menghadapi
masalah waktu dengan metodologi sebelumnya sebagai aplikasi begitu lama untuk
membangun bahwa spesifikasi persyaratan diubah oleh sistem waktu itu selesai.
Dengan demikian, metodologi tersebut sering mengakibatkan sistem tidak dapat
digunakan.
Metodologi RAD adalah
dalam jangkauan hampir semua orang sebagai generator kode, alatalat visual
seperti VB, Visual C + + dan CASE tool seperti Rational Rose didasarkan pada
teknik RAD saja. Jika Anda merancang aplikasi dengan Rational Rose, kode dapat
secara otomatis dihasilkan dalam bahasa seperti C + +, VC + + atau VB. Sebagai
contoh sederhana, jika Anda telah menggunakan alat alat seperti MS FrontPage
maka itu kembali alat RAD. Berikut ini gambar perbandingan antara metode RAD dengan
metode Trdisional.
Gambar 1 Perbandingan RAD dengan metode
Tradisional
Pada gambar 1 menggambarkan perbedaan
dari metode tradisonal dengan metode RAD. Untuk tahap tradisonal mengacu pada
urutan tahaptahap SDLC. Pada RAD Tahap pertama langsung membuat analisis dan
design, lalu langsung ketahap siklus prototyping yaitu membangun, memperhalus
dan mendemonstrasikannya. Itu akan mempercepat proses dalam pembuatan suatu
project. RAD memang lebih cepat dari Waterfall. Jika kebutuhan dan batasan project
sudah diketahui dengan baik. Juga jika proyek memungkinkan untuk
dimodularisasi.
b.
Metodelogi RAD
mengunakan Prototyping dan Throwaway Prototyping
Gambar 2 RAD menggunakan Prototyping
Karena Keunggulan metode ini
menggabungkan teknik SDLC, Prototyping, teknik joint application development
(JAD) dan computer aided software engineering (CASE Tools) yang bertujuan untuk
membuat system dalam waktu singkat ( kurang dari 6 bulan ). Pada gambar 2
diatas Metodologi prototyping melakukan analisis, desain dan implementasi
secara bersamaan untuk menghadirkan sebuah sistem dengan skala kecil dalam
fungsi minimal kemudian di review oleh user untuk dilakukan proses development
secara berulang hingga menghasilkan sebuah system.
Gambar 3 RAD Menggunakan Throwaway Prototyping Methodologies
Untuk gambar 3 adalah metode Throwaway
Prototyping, pada metodologi ini Analisa dilakukan lebih mendalam, prototype
dibuat dan ditest, pengalaman yang diperoleh dari latihan ini digunakan untuk
membuat produk finalnya, tetapi prototypenya sendiri dibuang.
7.
KEUNTUNGAN
RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
RAD mempunyai keuntungan yang dapat disimpulkan
sebagai berikut:
·
Sangat berguna dilakukan pada kondisi
user tidak memahami kebutuhankebutuhan apa saja yang digunakan pada proses
pengembangan perangkat lunak.
·
RAD mengikuti tahapan pengembangan
sistem sepeti umumnya, tetapi mempunyai kemampuan untuk menggunakan kembali
komponen yang ada (reusable object) sehingga pengembang tidak perlu membuat
dari awal lagi dan waktu lebih singkat berkisar antara 60 hari90 hari.
·
Karena mempunyai kemampuan untuk
menggunakan komponen yang sudah ada dan waktu yang lebih singkat maka membuat
biaya menjadi lebih rendah dalam menggunakan RAD.
8.
KELEMAHAN
RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam implementasi pengembangan menggunakan model RAD :
·
Proyek yang berskala besar, RAD
memerlukan sumber daya manusia yang memadai untuk menciptakan jumlah tim yang
baik.
·
RAD menuntut pengembang dan pelanggan
memiliki komitmen dalam aktivitas rapid fire yang diperlukan untuk melengkapi
sebuah sistem dalam waktu yang singkat. Jika komitmen tersebut tidak ada maka
proyek RAD akan gagal.
9.
IMPLEMENTASI
1)
Kondisi
Sesuai RAD
·
Proyek dengan skala kecil sampai medium
dengan waktu pendek.
·
Fokus pada lingkup tertentu, misalnya
pada objek bisnis yang telah didefinisikn dengan baik.
·
Bukan aplikasi dengan komputasi yang
kompleks
·
User tahu pasti area yang harus dimiliki
aplikasi
·
Manajemen memiliki komitmen terhadap
keterlibatan user.
·
Spesifikasi kebutuhan sudah benarbenar
diketahui
·
Pendefinisian spesifikasi yang tidak
perlu waktu lama
·
Komposisi tim stabil
2)
Kondisi
Tidak Sesuai RAD
·
Proyek yang terlalu besar dan kompleks
·
Sistem dengan komputasi tinggi
·
Lingkup dan objek bisnis belum jelas
·
Tim proyek besar dengan koordinasi
tinggi
3)
Penerapan
Berikut ini Contoh dari pembuatan system
menggunakan Rapid Application Develoopment Methodology :
Pembuatan website mcommerce (mobile
commerce) untuk mempermudah proses penyewaan kendaraan mobil pada suatu badan
usaha. Pengembangan sistem mcommerce ini menggunakan metode Rapid Application
Development (RAD), dengan demikian siklus pembangunan perangkat lunak menjadi
lebih pendek atau singkat. Penerapan sistem m commerce ini menggunakan
arsitektur yang berbasis Wireless Application Protocol (WAP) sehingga website
dapat diakses dari telepon seluler (ponsel) melalui browser.
Gambar 4 Halaman Utama
Sistem Penyewaan Mobil Menggunakan RAD.
10. KESIMPULAN
Rapid
Application Development lebih dari sekedar menyelesaikan aplikasi secepat
mungkin. James Martin yang dimaksudkan sebagai pendekatan mendefinisikan dengan
baik untuk pengembangan aplikasi yang melibatkan, siklus pendek pengembangan
berulang seperti timeboxing, prototyping, dan penggunaan teknologi modern untuk
melihat persyaratan kebutuhan secara langsung kemudian ditangkap ke dalam
aplikasi yang bekerja menggunakan generasi kode atau teknologi serupa .
Pendekatan ini berlaku sekarang sama seperti pada tahun 1980an, hanya artinya
telah agak tertutup oleh pemasaran modern.
Rapid Application Development,
pembangunan yang berkualitas lebih tinggi ,dan biaya perangkat lunak yang
efisien dalam waktu yang singkat, dengan demikian kami berusaha untuk memenuhi
tuntutan perangkat lunak industry baru. Ed Yourdon mengakui bahwa
"teknologi informasi sekarang menjadi komoditas konsumen" dan
pengembang perangkat lunak harus sesuai dengan fakta kemudian menantang diri
mereka sendiri untuk mengadopsi perubahan yang baru untuk memenuhi tuntutan
konsumen. Rapid Application Development, dan penggunaan dalam CASE tools yang
kuat, adalah seperti sarana. Hal ini adalah sebuah proses dinamis yang
menekankan pada lebih banyak tantangan yang baik dan cepat. Kemuadian
menyediakan sebuah ruang kerja yang baik maupu alatalat fungsional untuk
mengembangkan software yang baik dan cepat. Rapid Application Development (RAD)
merupakan software yang sangat mudah.
Referensi :
1. Britton,
Carol (2001). ObjectOriented Systems Development. McGrawHill. hlm. 28
29, 269. ISBN HYPERLINK
"http://id.wikipedia.org/wiki/Istimewa:Sumber_buku/0-07-709544-8" 0077095448.
2. Prasetyo
Wibowo, Rapid Application Develpoment Model, http://prasetyo wibowo.com/2010/03/11/rapidapplicationdevelopmentmodel/, March 21, 2011, 10:28
3. Wikipedia,
Rapid Apllication Development, http://id.wikipedia.org/wiki/Rapid_Application_Development, March 21, 2011, 10:28
4. Wittawat
Chaisaraseree , Rapid Application Development: A Quick Methodology, http://softwaredocument.blogspot.com/2010/11/rapidapplicationdevelopment
quick.html, March 21, 2011, 10:28
5. Rangga
Firdaus, M.Kom, Nurul Hidayat, M.Kom, and Yulia K, S.Kom, PENGEMBANGAN SISTEM
MOBILE COMMERCE PADA PROSES RENTAL MOBIL MENGGUNAKAN RAPID APPLICATION
DEVELOPMENT, openstorage.gunadarma.ac.id/.../0103010Penerapan%5BRangga%5D.pdf, March 27,2011, 15:15
ConversionConversion EmoticonEmoticon